Selasa, 29 Januari 2008

PROFIL SEKOLAH







PROFIL

SMP NEGERI 3 MANOKWARI

SSN

TAHUN PELAJARAN: 2007-2008








Nama Sekolah

SMP NEGERI 3 MANOKWARI

Nama Kepala Sekolah

J. S A M I G I T A (ALMARHUM)

PEMERINTAH KABUPATEN MANOKWARI

DINAS PENDIDIKAN DASAR DAN PRASEKOLAH

SMP NEGERI 3 MANOKWARI

SEKOLAH STANDAR NASIONAL

Alamat : Jl. Yos Sudarso Manokwari Telp. 0986 211638

I. LATAR BELAKANG

Sekolah standar nasional atau SMP Standar Nasional (SSN) adalah sekolah model yang diujicobakan dikembangkan oleh pusat (Direktorat Pembinaan SMP) untuk menjadi rujukan atau contoh bagi sekolah lain yang sederajad pada tiap kabupaten/kota dengan kreteria yang telah ditetapkan. Sebagai SSN, sekolah berkewajiban untuk mampu secara bertahap mengembangkan berbagai aspek pendidikan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan.

Kreteria utama dan sekaligus sebagai prasarat untuk menjadi SSN adalah telah memenuhi nilai rata-rata UAN tertentu (sesuai ketetapan pada tahun yang berjalan), luas lahan minimal 3000m2, rombongan belajar minimal 9 (sembilan) kelas. Selanjutnya berdasarkan verifikasi di lapangan, maka sekolah calon SSN harus memenuhi standar penilaian kinerja sekolah minimal 75.

Beberapa alasan dipilihnya sekolah dengan kreteria tersebut antara lain : ( Menurut Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah)

  1. Dalam jangka panjang, daerah kabupaten/kota dapat mengembangkan sendiri sekolah yang ada di wilayahnya untuk memenuhi SNP (standar Nasional Pendidikan); untuk itu sesuai kewenangannya, maka pusat memberikan contoh atau model terbatas dalam jangka waktu tertentu kepada satu atau lebih SMP untuk menjadi SSN. Dengan demikian, sesuai dengan kewenanggannya juga , maka tiap kabupaten/kota akan mampu mengembangkan sendiri sesuai dengan yang dikembangkan oleh pusat sebelumnya.

  1. Dalam upaya efisiensi dana dan terbatasnya kemampuan pemerintah pusat, maka ditetapkan jenis sekolah yang terbatas dalam kreteria-kreteria dan jumlahnya yang ditetapkan di atas, yaitu cenderung sekolah potensial yang telah memiliki kemampuan rata-rata apabila dibandingkan dengan sekolah potensial lain dengan tujuan akan dicapai aspek-aspek SNP yang relative lebih cepat dan bermutu.

  1. Sekolah potensial dengan kondisi rata-rata yang lebih baik dibandingkan lainnya, maka diasumsikan dengan bantuan dana pancingan yang terbatas akan lebih cepat mencapai kemandirian dan pemenuhan kreteria SNP sebagai mana diamanatkan pada undang-undang dan peraturan pemerintah khususnya PP No. 19 tahun 2005 tentang SNP.

4. Agar segera terbentuknya suatu contoh model sekolah yang memenuhi kreteria sebagai SSN yaitu yang telah memenuhi kreteria SNP sebagaimana amanat PP No 19 tahun 2005, sehingga tiap daerah akan mampu membuat perencanaan pendidikan SMP di daerahnya sesuai dengan ketentuan SNP.

5. Sekolah yang termasuk dalam kelompok sekolah potensial dan rintisan yang dibawah rata-rata, jauh lebih banyak jumlahnya, sehingga memerlukan waktu yang relatif lama untuk di treatment menjadi SSN yang memiliki keterbatasan dalam hal pendanaan dan tuntutan waktu sebagaimana yang telah dicanangkan dalam tonggak pendidikan di Indonesia yang harus dicapai dalam jangka 5 tahun sejak tahun 2005.

Berdasarkan Kreteria dan beberapa alasan di atas maka SMP Negeri 3 Manokwari ditetapkan sebagai Sekolah Rintisan SSN berdasarkan Surat Keputusan Direktur Pendidikan Lanjutan Pertama Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional, Nomor: 1147 A/C3/SK/2004. Tanggal 5 Juli 2004. Tentang Penetapan Sekolah Menengah Pertama Standar Nasional Tahun Anggaran 2004.

II. IDENTITAS SEKOLAH

A. SEKOLAH

1. Nama Sekolah : SMP NEGERI 3 MANOKWARI

2. Alamat

a. Jalan : Jl. Yos Sudarso Manokwari

b. Kelurahan : Manokwari Barat

c. Distrik : Manokwari

d. Kabupaten / Kota : Manokwari

e. Provinsi : Papua

f. Nomor Telepon : 0986 211638

g. Faximile : 0986211638

h. e-mail : -

3. Nama Yayasan/Pengelola : -

4. Status Sekolah : Negeri

Terakreditasi dengan nilai A

5. Status tanah :

a. Kepemilikan : sendiri

b. Nomor sertifikat tanah : 26.04.01.04.4.00374

6. N.S.S. : 20.1.33.01.01.003

7. Jumlah ruang belajar : 17 lokal kelas

Jumlah rombongan belajar : 17 rombongan belajar, terdiri dari

Kelas 7 : 5 (lima) rombongan belajar

Kelas 8 : 7 (tujuh) rombongan belajar

Kelas 9 : 5 (lima) rombongan belajar

8. Waktu belajar : Pagi pukul : 07.30 sampai dengan 13.15

  1. Jumlah jam pelajaran setiap minggu

Rombongan belajar pagi : 38 jam pelajaran @ : 40 menit

  1. Mata pelajaran mulok

Kesenian dan Kebudayaan Papua : mulai dari kelas VII

  1. Jenis kegiatan ekstrakurikuler

a. PRAMUKA

b. Olahraga

c. Musik

d. Tari

e. PMR


  1. Sumber belajar

No

Jenis sumber belajar

Kuantitas

Cukup/ku rang

Kondisi

Tidak ada

Baik

Kurang baik

1.

Buku perpustakaan

  1. Fiksi
  2. Non fiksi
  3. Referensi

Kurang

Kurang

Kurang

2.

Alat peraga/ bantu pembelajaran

  1. Matematika
  2. IPA
  3. IPS
  4. Bahasa

Cukup

Kurang

Kurang

Cukup

3.

Alat praktek

  1. Kesenian
  2. Penjaskes
  3. Ketrampilan dan TIK
  4. IPA

Kurang

Kurang

Kurang

4.

Media pembelajaran

  1. OHP
  2. Audio player/radio
  3. Vidio player/televisi
  4. Slide proyektor
  5. Komputer
  6. Papan display/majalah dinding
  7. LCD

Kurang

Kurang

Kurang

Kurang

Kurang

  1. Prasarana/ruang penunjang

No

Jenis prasarana

Luas

Kondisi

Ada

Tidak ada

Ketera ngan

Baik

Kurang baik

1.

Ruang kepala sekolah

2.

Ruang wakil kepala sekolah

3.

Ruang guru

Menggunakan 2 ruang kelas

4.

Ruang tata usaha

5.

Ruang bimbingan

Menjadi satu dgn ruang guru

6.

Ruang perpustakaan / Media

9 x 12 m

7.

Ruang laboratorium IPA

9 x 12 m

8.

Ruang laboratorium Bahasa

7 x 9 m

9.

Lapangan olah raga (Basket)

16 x 30

10.

Ruang Ketrampilan

11.

Ruang Kesenian

12.

Ruang LAB. Komputer

Menggunakan Ruang Ketrampilan

13.

Ruang kesehatan

14.

Ruang ibadah

15.

Ruang keamanan

16.

Ruang Aula / Serba guna

17.

Ruang koperasi

18.

Kantin

19.

Toilet Guru

20.

Toilet Siswa

21.

Ruang Serba Guna

22.

Ruang Sanggar / MGMP

23.

Ruang OSIS

24.

Ruang UKS

25.

Sanggar Pramuka

26.

Mushola

27.

Ruang Ganti

28.

Gudang

29.

Rumah Penjaga Sekolah

30.

Menara Air

31.

Garasi Sepeda

32.

Lapangan Upacara

33.

Lapangan Olahraga

34.

Areal Parkir

35.

Pintu Gerbang

36.

Pagar Keliling




III. IDENTITAS KEPALA SEKOLAH

1. Nama Kepala Sekolah : JAFETH SAMIGITA

2. Tempat/tanggal lahir : Sorong, 21-12-1947

3. Alamat rumah : Fanindi Dalam Manokwari.

Nomor telepon : -

Nomor HP : 081344809646

4. Tanggal pengangkatan di sekolah ini :

Jabatan sebelumnya : Kepala Sekolah di SMP Negeri Windesi

5. Pengalaman sebagai kepala sekolah :

No

Kepala sekolah di

Dari tahun s.d.tahun

1.

SMP Negeri Windesi

1985 s/d 1992

2.

SMP Negeri 2 Manokwari

1992 s/d sekarang

6. Pendidikan dua jenjang terakhir :

No

Jurusan

Tahun

Institusi

1

PGSLP Ilmu Hayat

1969

Universitas Cenderawasih

7. Pelatihan yang pernah diikuti yang berkaitan dengan tugas pokok (tiga tahun terakhir)

No

Tahun

Nama Pelatihan

Lamanya

(hari)

1.

2004

Kurikulum Bagi Sekolah SSN di LPMP Jayapura

6 hari

2.

2006

Sosiali KTSP di Manokwari

3 hari

3.

2006

Pengembangan Sekolah SSN di Jakarta

3 hari

B. Wakasek dan Kepala Urusan

N a m a

NIP

Pangkat / Gol

Bidang tugas

F.H. GULTOM, A.Md.Pd

130781314

Pembina IV/a

WAKIL KEPALA SEKOLAH

Drs. WAHYU PW

132127858

Penata Tk.I III/d

KEPALA URUSAN KURIKULUM

J. NAENGGOLAN, A.Md.Pd, S.H

130883919

Pembina IV/a

KEPALA URUSAN KESISWAAN

ABDUL FATAH, S.Pd.

131808603

Penata Tk.I III/d

KA UR SARANA DAN PRASARANA

F.N.A. WAGEY, SPd.

131395965

Penata Tk.I III/d

KEPALA URUSAN HUMAS




C. Wali Kelas

N a m a

NIP

Pangkat / Gol

Bidang tugas

IRENE SIREGAR

132090782

Guru Dewasa Tk I

WALI KELAS VII A

RUCHYAT CHAMDANI, S.Pd.

131808033

Guru Dewasa Tk I

WALI KELAS VII B

M A R Y A T I

260400168

Guru Bantu

WALI KELAS VII C

YOHANA MAMBRASAR

132156084

Guru Madya Tk I

WALI KELAS VII D

FREDY T POLUAN

Guru Madya Tk I

WALI KELAS VII E

ELVI RAPILUS, S.Pd.

132160506

Guru Pembina

WALI KELAS VIII A

A. PONDAJAAR, SPd.

990001674

Guru Madya

WALI KELAS VIII B

A. KAUDU

131097203

Guru Dewasa Tk I

WALI KELAS VIII C

A. RAHAYAAN

131849226

Guru Dewasa Tk I

WALI KELAS VIII D

SOLEMAN P.

132127942

Guru Dewasa Tk I

WALI KELAS VIII E

MAESYAROH, S. Ag.

Guru Madya

WALI KELAS VIII F

NANIK SURYANTI, SPd.

132226294

Guru Dewasa Tk I

WALI KELAS VIII G

D. MIRINO

Guru Muda

WALI KELAS IX A

Y AYHUAN

131385480

Guru Pembina

WALI KELAS IX B

NENY GANDARIA

131836386

Guru Dewasa Tk I

WALI KELAS IX C

F. HAMADI

130885453

Guru Pembina

WALI KELAS IX D

HENDRO PRAYITNO

990006591

Guru Pratama Tk I

WALI KELAS IX E


D. GURU

1. Nama Guru, Ijazah dan Tugas Mengajar

No

N A M A

Ijazah/Jurusan/Thn

Tugas Mengajar Mata Pelajaran

Status

1

J. S A M I G I T A

PGSLP/Ilmu Hayat/1969

BP

GT

2

TH. SUATMINAH

PGSLP/Sejarah/1970

IPS Sejarah

GT

3

F. ZUNARTI

PGSLP/IPA/1972

IPS Biologi

GT

4

F.H.GULTOM,A.Md.Pd.

D3/AIII/IPA/2001

IPA F i s i k a

GT

5

J. NAENGGOLAN,A.Md.Pd. S.H

DIII/A3/Matematika/2002 S1/HK/Keperdataan/1992

Matematika

GT

6

F. HAMADI

SMOA/1976

Penjaskes

GT

7

MARIYANI

PGSLP/Adm/1969

IPS Ekonomi

GT

8

ABDUL FATAH, S.Pd.

S1/AIV/PPKn/2004

PPKN

GT

9

AGUSTINA KAUDU

D1/A1/B.Inggris/1980

Bahasa Inggris

GT

10

YOMIMA AYHUAN

D1/A1/Kesenian/1982

Kesenian

GT

11

F.N.A.WAGEY,S.Pd.

S1/B.Indonesia/2000

Bahasa Indonesia

GT

12

NINIEK WHENNY,BA

Sarmud/PU/1986

Matematika

GT

13

NENNY GANDARIA

D2/AII/B.Inggris/1987

Bahasa Inggris

GT

14

ALFONSINA RAHAYAAN

PGSMTP/Ketrampilan/1988

Ketrampilan

GT

15

IRENE R. SIREGAR, S.Pd

D3/AIII/PPKn/2003

PPKN / Sejarah

GT

16

SUDJANTI KAMAT

D3/AIII/BK/1993

BP

GT

17

SOLEMAN PAPUTUNGAN

D3/AIII/Geografi/1992

IPS Geografi

GT

18

Drs. WAHYU PURWO W.

S1/AIV/Pend. Orkes/1992

Penjaskes

GT

19

NANIK SURYANTI, SPd.

S1/AIV/Matematika/1997

Matematika

GT

20

ELVI RAPILUS, S.Pd.

S1/AIV/Biologi/1994

IPA Biologi

GT

21

RUCHYAT CHAMDANI,SPd

S1/Sastra Indonesia/2004

Bahasa Indonesia

GT

22

YOHANA MAMBRASAR

D3/AIII/PAK/1995

Pend Agama Kristen

GT

23

M.M. PONDAJAAR, SPd.

S1/B.Indonesia/2002

Bahasa Indonesia

GT

24

MAESYAROH, S.Ag

S1/PAI/2002

Pend PAI

GT

25

SAHUL NUHAM

D3/AIII/PAK/2001

Pend P.Kristen

GT

26

D. MIRINO

D3/A3/PAK/

Pen. P.Kristen

GT

27

FREDY T. POLUAN

D3/AIII/IPA/1998

IPA / Fisika

GT

28

HENDRO PURNOMO

D2/AII/Matematika/1995

Matematika

GB

29

PURWO AGUSWATI

D3/AII/BK/1992

BP

GB

30

M A R Y A T I

D2/AII/PAKT/

Pend. Agama Katolik

GB

31

GUSTAF SESA

D3/Kehutanan /2000

Tek. Infokom

GTT

32

ERNI TONAPA, S.E.

S1/Ekonomi/2003

IPS Geografi/ Ekonomi

GTT

33

R I T I, S.Pd.

S1/Bhs.Indonesia/2003

Bhasa Indonesia

GTT

34

MARDIAH ULFAH, S.P.A.I

S1/Pend.Ag. Islam/2004

Pen. PAI

GTT

35

DARIYANTO BANDASO, ST

S1/Tehnik Mesin/2004

LABORAN

GTT

36

MUALIMIN, SPd.

S1/Pend.Kimia/2006

IPA Kimia / Tek Infokom

GTT

37

VIVI SOPIYAH, S.Pd.

S1/Bhs. Inggris / 1999

Bahasa Inggris

GTT

38

SAMUEL SAMPE, S.T.

S1 Teknik

Fisika

GTT

39

NANIK LATIFAH, S. Pi.

Kimia

GTT


2. Tenaga Administrasi /Tata Usaha

NO

NAMA

Pendidikan

Bidang Tugas

Status

1

YASTRIT PANINGGIRAN

SMEA/1981

Kepegawaian

PN

2

A. REDJAUW

SMA/2000

Rumah Tangga

PN

3

WARA RETNANI K.

SMA/1986

Kesiswaan

PN

4

M. MAKER

KPG/1981

Keuangan

PN

3. Jumlah guru permata pelajaran

No

Mata pelajaran

Jumlah guru

Rata-rata jam mengajar

seluruhnya

Pendidikan

DII s/d. S1

Pendidikan

SPG sederajat

1

Pendidikan agama Islam

2

18

Pendidikan agama Kristen

3

11

Pendidikan Agama K. Katolik

1

12

2

Kewarganegaraan

2

17

3

Bahasa dan sastra Indonesia

4

21

4

Matematika

4

21

5

Pengetahuan Sosial

4

17

6

Sains

5

17

7

Bahasa Inggris

3

22

8

Pendidikan jasmani

2

25

9

Kesenian

1

18

10

Teknologi Informasi dan komunikasi/keterampilan

2

18

11

Muatan lokal

-

-

-

12

Bimbingan Konseling

2

-

36

4. Pendidikan Guru

Pendidikan terakhir

Guru tetap

Guru tidak tetap

Guru DPK

Jumlah guru

Guru bantu

Guru honor

Guru kontrak

Pasca Sarjana / S2-S3

-

-

-

-

-

-

Sarjana / S1

10

-

6

-

-

16

Sarjana muda / D III

8

-

1

-

-

10

PGSD / D II

2

3

-

-

-

5

D I

7

-

-

-

-

7

SPG / SGO / SGA / KPG

-

-

-

-

-

-

J u m l a h

27

3

7

-

-

37

5. Pendidikan Pegawai Tata Usaha

No

Pendidikan terakhir

Pegawa tetap

Pegawai tidak tetap

Pegawai DPK

Jumlah pegawai

1

DIII/S1

-

-

-

-

2

DI/DII

-

-

-

-

3

SMA

4

-

-

4

4

SMP

-

-

-

5

SD

-

-

-

Jumlah pegawai

4

-

-

4

6. JUMLAH SISWA

No

Kelas/ tingkat

Jumlah kelas paralel

Jumlah siswa pada awal tahun per 2006/2007

Rata siswa per kelas

1

Kelas 7

6

275

45 - 46

2

Kelas 8

5

184

36 - 37

3

Kelas 9

6

229

38 - 39

Jumlah

17

688

7. Prestasi Akademik

1. Hasil Ujian Akhir Nasional

Rata – Rata Nilai

2003/2004

2004/2005

2005/2006

Matematika

=

5,17

4,91

6,95

Bahasa Indonesia

=

5,33

5,63

7,82

Bahasa Inggris

=

5,22

6,08

5,85

Rata-Rata Nilai UAN

=

5,24

5,54

6,87

2. Hasil Ujian Akhir Sekolah

Rata – Rata Nilai

2003/2004

2004/2005

2005/2006

Agama

=

6,79

7,50

7,50

PPKn

=

7,64

7,12

7,60

IPA

=

5,19

5,69

6,40

IPS

=

5,54

5,68

6,60

Penjaskes

=

6,99

7,06

7,50

Kesenian

=

6,86

6,32

7,34

Rata-Rata Nilai UAS

=

6,50

6,56

7,15


8. Prestasi Sekolah

No

Nama Lomba

Tahun Perolehan

Hasil

1

LT III Pramuka

2002

Juara I

2

LT IV Pramuka

2002

Juara I

3

LT V Pramuka

2002

10 Besar

4

Mengikuti Jambore Pramuka Sedunia di Thailand

2003

Cukup Memuaskan

5

Olimpiade MIPA (fisika) Tingkat Propinsi

2003

Juara I

6

Lomba Matematika se Papua

2003

Juara I

7

Olimpiade MIPA / Fisika tingkat Nasional

2003

Rangking 48 dari 90 Peserta

8

Lomba Gerak Jalan Putra

2003

Juara I

9

Lomba Yospan Jalan

2003

Juara I

10

Lomba Wayase se Manokwari

2003

Juara I

11

Kejurda Tennis Meja se Papua

2003

Juara II

12

Lomba Baca Puisi Hardiknas 2003

2003

Juara I

13

Kejuaraan Sepak Bola Tk. SMP se Kab. Manokwari

2004

Juara II

14

LCC MIPA dan Bahasa Inggris Se Kota Manokwari

2004

Juara I

15

Kejuaraan Sepak Bola Tk. SMP se Kab. Manokwari

2005

Juara II

16

LCC MIPA dan Bahasa Inggris Se Kota Manokwari

2005

Juara I

17

LCC MIPA dan Bahasa Inggris Se Kota Manokwari

2006

Juara I

18

Olimpiade IPA Biologi tingkat Provinsi Irian Jaya Barat

2006

Juara I

29

Olimpiade IPA Biologi tingkat Nasional mewakili Provinsi Irian Jaya Barat di Semarang

2006

Tingkat nasional


9. Pengembangan Kurikulum

Ø Kurikulum yang dikembangkan di SMP Negeri 3 Manokwari adalah KTSP dengan Struktur programnya sbb:

No.

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

VII

VIII

IX

A.

Mata Pelajaran

1. Pendidikan Agama

2

2

2

2. Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

2

3. Bahasa Indonesia

4

4

4

4. Bahasa Inggris

4

4

4

5. Matematika

6

6

6

6. Ilmu Pengetahuan Alam

6

6

6

7. Ilmu Pengetahuan Sosial

4

4

4

8. Seni Budaya

2

2

2

9. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan

2

2

2

10. Keterampilan / Teknologi Informasi dan Komunikasi

2

2

2

B.

Muatan Lokal

2

2

2

C.

Pengembangan Diri

2*

2*

2*

Jumlah

36

36

36

Catatan : *) ekuivalen 2 (dua) jam pelajaran


  1. Visi dan Misi Sekolah

Visi : UNGGUL DALAM PRESTASI , IPTEK , DILANDASI IMAN DAN TAKWA

Misi :

1. Menanamkan keyakinan, keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

2. Membentuk peserta didik yang berkualitas di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi

3. Membentuk peserta didik yang berprestasi dan mampu berkompetisi dalam keragaman di berbagai bidang.

Ø TUJUAN

1. Teciptanya mental dan karakter peserta didik yang dapat menjadi contoh dalam masyarakat.

2. Terciptanya peserta didik yang memiliki kemampuan akademik, teknologi, seni dan budaya.

3. Terciptanya peserta didik yang berprestasi dalam bidang olah raga dan mampu bersaing dalam bidang MIPA.

Selain tujuan sekolah diatas, pada tahun pelajaran 2008/2009 , tujuan yang ingin dicapai SMP Negeri 3 Manokwari antara adalah :

1. Memiliki dan mencapai standar isi, kurikulum SMP negeri 3 Manokwari , meliputi tersusunnya program tahunan, program semester ,pengembangan kurikulum , silabus, sistim penilaian , rencana pelaksanaan pembelajaran .

2. Sekolah mencapai standar tenaga kependidikan , meliputi semua guru berkualifikasi minimal minimal S1 sebanyak 80 % , telah mengikuti MGMP , 90 % guru mengajar sesuai keahlian ,tenaga kependidikan lainnya profesional baik keahlian maupun tingkat pendidikan .

3. Mencapai standar proses pembelajaran meliputi pelaksanaan pembelajaran strategi / metode CTL, pendekatan belajar tuntas, pendekatan pembelajaran individual .

4. Sekolah mencapai standar fasilitas pendidikan yang canggih, baik penataan ruangan, perabot sekolah, media pembelajaran dan perawatan yang memenuhi standar minimal.

5. Memiliki dan mencapai standar ketuntasan kompetensi, prestasi terbaik, standar kelulusan yang tinggi .

6. Mencapai standar kelembagaan yang bermutu dan menajemen berbasis sekolah dalam pencapaian standar pengelolaan pembelajaran, kurikulum, fasilitas pendidikan, personalia, kesiswaan, administrasi,dan sumber daya lainnya .

7. Sekolah memiliki standar pembiayaan yang menganut pemberdayaan yang partisipatif dan pengeluaran yang efektif .

8. Sekolah mencapai / memiliki standar penilaian otentik .


A. PROGRAM KEGIATAN

Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan maka SMP Negeri 3 Manokwari merencanakan dan melaksanakan program kegiatan sebagai berikut : (Sesuai dengan tuntutan SNP)

PROGRAM 1 : PENINGKATAN DAN PENGEMBANGAN ISI KURIKULUM

1. Pengembangan kurikulum SMP Negeri 2 Manokwari.

2. Pengembangan KBK.

3. Pengembangan silabus.

4. Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.

5. Pengembangan sistim penilaian.

PROGRAM 2 : PENINGKATAN DAN PENGEMBANGAN TENAGA KEPENDIDIKAN

1. Pengembangan profesionalitas guru.

2. Peningkatan kompetensi guru.

3. Peningkatan kompetensi tenaga TU.

4. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi oleh kepala sekolah terhadap kinerja guru dan tenaga Tata Usaha .

5. Peningkatan kualitas tenaga kependidikan .

PROGRAM 3 : PENINGKATAN STANDAR PROSES

1. Peningkatan metode pengajaran untuk semua mata pelajaran.

2. Pengembangan strategi pembelajaran.

3. Pengembangan strategi penilaian.

4. Pengembangan bahan , sumber pembelajaran.

5. Pelaksanaan analisis ketuntasan belajar.

6. Mengaktifkan MGMP tingkat sekolah.

PROGRAM 4 : PENINGKATAN DAN PENGEMBANGAN FASILITAS PENDIDIKAN

1. Peningkatan dan pengembangnan media pembelajaran .

2. Pengembangan sarana pendidikan .

3. Pengembangan prasarana pendidikan .

4. Penciptaan lingkungan belajar yang kondosif.

5. Pengembangan income generating activities .

PROGRAM 5 : PENINGKATAN STNDAR KELULUSAN

1. Pengembangan standar pencapaian ketuntasan kompetensi.

2. Peningkatan standar kelulusan tiap tahunnya .

3. Pengembangan kejuaraan lomba-lomba akademik dan non akademik baik internal maupun eksternal .


PROGRAM 6 : PENINGKATAN MUTU KELEMBAGAAN DAN MANAJEMEN

1. Melengkapi administrasi sekolah sesuai PP no. 19 tahun 2005.

2. Implementasi manajemen berbasis sekolah .

3. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi oleh sekolah tentang kinerja sekolah

4. Pelaksanaan supervisi klinis oleh kepala sekolah .

5. Pengembangan sekolah menuju ketercapaian standar pelayanan minimal .

6. Penggalangan partisipasi masyarakat ( pemberdayaan komite sekolah ).

7. Pembuatan jaringan informasi di iternal sekolah.

8. Membuat jaringan kerja secara vertikal dan horisontal .

PROGRAM 7 : PENGEMBANGAN STANDAR PEMBIAYAAN PENDIDIKAN

1. Pengembangan jalinan kerja dengan penyandang dana.

2. Penggalangan dana dari berbagai sumber .

3. Penciptaan usaha-usaha.

4. Pendayagunaan potensi sekolah dan lingkungan .

5. Penciptaan sistim subsidi silang .

PROGRAM 8 : PENGEMBANGAN STANDAR PENILAIAN

1. Pengembangan perangkat model –model penilaian pembelajaran .

2. Implementasi model pembelajaran , diantaranya : ulangan harian , ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, kenaikan kelas .

3. Pengembangan instrumen atau perangkat soal-soal untuk berbagai model evaluasi .

4. Pengembangan pedoman-pedoman model evaluasi .

5. Pengembangan lomba-lomba ,uji coba ,dll dalam peningkatan standar nilai .

6. Penerapan model-model pembelajaran bagi anak yang berprestasi , bermasalah dan kelompok anak lainnya .


  1. INDIKATOR KEBERHASILAN

Untuk program SSN secara umum indikator keberhasilan secara komprehensip ditetapkan pada akhir program 3 tahunan (sesuai dengan kontrak) yang ditetapkan sebagai berikut :

1. Memiliki dokumen kurikulum berbasis kompetensi secara lengkap

2. Memiliki perangkat pembelajaran lengkap, dari silabus sampai dengan RPP untuk kelas VII s/d IX semua mata pelajaran.

3. Menerapkan Pembelajaran Contekstual untuk kelas 7 s./d 9 semua mata pelajaran.

4. Rata-rata pencapai ketuntasan kompetensi minimal 75%

5. Kondisi guru 75% minimal berpendidikan S1 pada tahun ke tiga.

6. Penguasaan kompetensi, 50% bersertifikasi kompetensi.

7. Ratio jumlah rombel dan jumlah kelas 1 : 1 (tidak boleh double sift)

8. Jumlah siswa per rombel maksimal 35 untuk semua kelas.

9. Rata-rata jam mengajar guru berkisar antara 18 s.d 20 jam pel. Perminggu

10. Memiliki Lab IPA, Lab. Bahasa, Lab. Komputer, dan Lab. Ketrampilan.

11. Memiliki telepon dan akses internet pada Lab. Komputer, ruang guru, dan ruang Kepala Sekolah.

12. Memiliki ruang Kepala Sekolah, Ruang Guru, Ruang BP, Ruang Tata Usaha, Kamar kecil yang cukup dan memadai.

13. Memiliki ruang perpustakaan (termasuk ruang baca)

14. Sudah melaksanakan secara konsisten aspek-aspek dalam manejemen berbasis sekolah.

15. Memiliki perangkat media pembelajaran untuk semua mata pelajaran sesuai dengan SPM.

16. Sudah melaksanakan sistem penilaian yang komprehensif (Ulangan harian, UTS, UAS, Ulangan Kenaikan Kelas dengan tehnik penilaian yang bervariasi) Sesuai dengan PP N0 19 tahun 2005.

17. Memiliki Standar Pembiayaan minimal Rp. 100.000,- per bulan per siswa.


  1. HASIL YANG DIHARAPKAN DAN YANG TELAH TERLAKSANA

Merupakan hasil kuantitas maupun kualitas dari program strategis yang direncanakan ,

pada tahun 2008 / 2009 dan hasil yang terlaksana pada tahun 2006/2007 adalah sebagai berikut :

PROGRAM 1 : PENINGKATAN DAN PENGEMBANGAN ISI KURIKULUM

HASIL YANG DIHARAPKAN

YANG TELAH TERLAKSANA

Terpenuhinya kurikulum sekolah sesuai Standar Nasional Pendidikan , yaitu memiliki pedoman dan dokumen untuk semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas seperti :

1) Pemetaan standar kompetensi , kompetensi dasar, Aspek , Indikator .

2) Silabus

3) Sistim penilaian

4) Rencana pelaksanaan pembelajaran .

5) Menjalin hubungan kerja yang baik dengan komite sekolah dan sekolah Rintisan SSN lainnya .

6) Dapat mengikuti perkembangnan ilmu pengetahuan dan tehnologi .

Telah tererpenuhinya kurikulum sekolah sesuai Standar Nasional Pendidikan , yaitu memiliki pedoman dan dokumen untuk semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas meliputi :

1) Pemetaan standar kompetensi , kompetensi dasar, Aspek , Indikator .

2) Silabus

3) Sistim penilaian

4) Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

5) Belum terlaksana

6) 25% mengikuti perkembangan ilmu dan tehnologi.

PROGRAM KERJA 2 : PENINGKATAN DAN PENGEMBANGAN TENAGA KEPNDIDIKAN

a. 80 % guru pendidikan formalnya mencapai S1

b. 90 % guru memiliki kompetensi guru sesuai standar pendidikan

c. 90 % guru mengikuti kegiatan MGMP tingkat sekolah

d. Memiliki tenaga TU yang profesional konsisten sebanyak 90 %

e. Kinerja guru dan TU mencapai 95 % berpredikat baik .

f. Memiliki buku refrensi guru dan TU untuk semua mata pelajaran dan semua mata pelajaran dan semua tingkatan kelas.

g. Terpenuhinya penambahan 1 orang tenaga perpustakaan dan 1 orang tenaga satpam

a. 43% guru pendidikan formalnya mencapai S1

b. 87% guru memiliki kompetensi guru sesuai standar pendidikan

c. 100 % guru mengikuti kegiatan MGMP tingkat sekolah

d. Memiliki 25% tenaga TU yang profesional konsisten

e. Kinerja guru dan TU mencapai 75 % berpredikat baik .

f. Telah memiliki buku refrensi guru dan TU untuk semua mata pelajaran dan semua mata pelajaran dan semua tingkatan kelas.

g. Terpenuhinya penambahan 1 orang tenaga perpustakaan

PROGRAM 3 : PENINGKATAN STANDAR PROSES

HASIL YANG DIHARAPKAN

YANG TELAH TERLAKSANA

a. Terlaksananya kegiatan MGMP sekali dalam seminggu untuk semua guru mata pelajaran .

b. Penguasaan berbagai metode pengajaran untuk semua mata pelajaran .

c. 85 % guru menguasai berbagai bentuk evaluasi kegiatan belajar mengajar untuk mencapai ketuntasan belajar

a. Telah terlaksananya kegiatan MGMP sekali dalam seminggu untuk semua guru mata pelajaran .

b. 80 % Guru telah mengusai berbagai metode pengajaran untuk semua mata pelajaran .

c. 80 % guru telah menguasai berbagai bentuk evaluasi kegiatan belajar mengajar untuk mencapai ketuntasan belajar .

PROGRAM 4 : PENINGKATAN DAN PENGEMBANGAN FASILITAS PENDIDIKAN

HASIL YANG DIHARAPKAN

YANG TELAH TERLAKSANA

a. Terpenuhinya 4 unit komputer .

b. Terpenuhinya 2 unitOHP.

c. 95 % terpenuhi buku mata pelajaran untuk semua mata pelajaran .

d. Terpenuhinya 18 unit white Board .

e. Terpenuhinya 4 unit Matras Senam Lantai.

f. Terpenuhinya 4 unit gitar untuk mata pelajaran kesenian .

g. Terpenuhinya 1 lapangan bola volly.

h. Terlaksananya perbaikan 1 lapangan bola basket

a. Terpenuhinya 4 unit komputer .

b. 40 % terpenuhi buku mata pelajaran untuk semua mata pelajaran .

c. Telah terpenuhinya 18 unit white Board .

d. Terpenuhinya 4 unit gitar untuk mata pelajaran kesenian .



PROGRAM 5 : PENINGKATAN STADAR KELULUSAN

HASIL YANG DIHARAPKAN

YANG TELAH TERLAKSANA

a. 90 % siswa memilik ketuntasan belajar bagi siswa yang kurang berprestasi

b. 85 % Terbentuk kelompok belajar semua tingkatan .

c. 90 % siswa mengikuti penambahan jam pelajaran untuk mata pelajaran yang diujikan secara nasional .

d. 30 % terpenuhi dana dari komite sekolah .

e. Terlaksananya lomba cerdas cermat 3 bulan sekali di tingkat sekolah .

f. 80 % memiliki pengetahuan tentang ilmu pengetahuan dan tehnologi .

g. Kinerja guru dan siswa mencapai 95 % .

h. 90 % guru menguasai penyusunan perangkat tes yang reliabel , validitas tinggi .

a. 90 % siswa memilik ketuntasan belajar bagi siswa yang kurang berprestasi .

b. 85 % Terbentuk kelompok belajar semua tingkatan .

c. 95 % siswa mengikuti penambahan jam pelajaran untuk mata pelajaran yang diujikan secara nasional .

d. 0 % terpenuhi dana dari komite sekolah .

e. Terlaksananya lomba cerdas cermat 3 bulan sekali di tingkat sekolah .

f. 70 % memiliki pengetahuan tentang ilmu pengetahuan dan tehnologi .

g. Kinerja guru dan siswa mencapai 85 % .

h. 80 % guru menguasai penyusunan perangkat tes yang reliabel , validitas tinggi .

PROGRAM 6 : PENINGKATAN MUTU KELEMBAGAAN MANAJEMEN

HASIL YANG DIHARAPKAN

YANG TELAH TERLAKSANA

a. Terlaksananya administrasi sekolah yang meliputi :

Administrasi kepegawaian , kesiswaan, sarana prasarana , kurikulum dan keuangan .

b. Pelaksaan MBS secara menyeluruh .

c. Enam bulan sekali dilaksanakan monitoring dan evaluasi tentang kinerja sekolah .

d. Kepala sekolah melaksanakan supervisi kelas setiap 3 bulan .

a. 70% terlaksananya administrasi sekolah yang meliputi :

Administrasi kepegawaian , kesiswaan, sarana prasarana , kurikulum dan keuangan .

b. 75% Pelaksanaan MBS secara menyeluruh .

c. Telah dilaksanakan monitoring dan evaluasi tentang kinerja sekolah .

d. Kepala sekolah telah melaksanakan supervisi kelas.

PROGRAM 7 : PENGEMBANGAN STANDAR PEMBIAYAAN PENDIDIKAN

HASIL YANG DIHARAPKAN

YANG TELAH TERLAKSANA

a. Orang tua mendukung program pembiayaan sekolah 30 % .

b. 70 % pengusaha dan orang tua siswa yang mampu menjadi donatur tetap .

c. Terpenuhinya 10 % hasil koperasi untuk membantu pendanaan kegiatan program sekolah .

b. 60 % terpenuhi dana dari Komite Sekolah melalui subsidi silang .

a. 0 % Orang tua mendukung program pembiayaan sekolah .

b. 0 % pengusaha dan orang tua siswa yang mampu menjadi donatur tetap .

c. 10 % hasil koperasi untuk membantu pendanaan kegiatan

d. program sekolah .

e. 0 % terpenuhi dana dari Komite Sekolah melalui subsidi silang .

PROGRAM 8 : PENGEMBANGAN STANDAR PENILAIAN

HASIL YANG DIHARAPKAN

YANG TELAH TERLAKSANA

a. Memiliki buku refrensi penilaian untuk semua mata pelajaran .

b. 95 % guru menguasai sistim penilaian pembelajaran .

c. 95 % guru menguasai penyusunan soal-soal untuk berbagai model evaluasi .

d. Terlaksananya berbagai model pembelajaran untuk kelas 7-9 bagi anak yang berprestasi dan yang bermasalah .

a. Telah memiliki buku refrensi penilaian untuk semua mata pelajaran.

b. 80 % guru menguasai sistim penilaian pembelajaran

c. 80 % guru menguasai penyusunan soal-soal untuk berbagai model evaluasi.

Selanjutnya berdasarkan surat dari Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Menajemen Pendidikan Dasar dan Menegah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Nomor : 123/C3/DS/2007, tanggal 31 Januari 2007, tentang Pemberitahuan hasil monotoring dan evaluasi SSN Tahun 2004 dan 2005, SMP Negeri 3 Manokwari telah mendapatkan SURAT KETERANGAN Nomor : 2270/C3/LL/2006, tanggal 26 Desember 2006 tentang SEKOLAH STANDAR NASIONAL (SSN).

Manokwari, 28 Januari 2008


Format

PROFIL AWAL-AKHIR SEKOLAH

Tahun Pelajaran ......................

1. Nama Sekolah : ......................................................................................

2. Alamat

Jalan : ......................................................................................

Kecamatan : ......................................................................................

Kota/Kabupaten : ......................................................................................

Provinsi : ......................................................................................

No

Komponen pengamatan

Data awal

Data akhir

Indikator

Ketera- ngan

1

Buku paket dan buku pelajaran pegangan guru:

a. Persentase siswa yang dipinjami buku paket

Kelas 7 : ...........%,

Kelas 8 : ...........%

Kelas 9 : ...........%,

Rata-rata Kelas 7, 8, 9 =

b. Buku pelajaran pegangan guru

Kelas 7 : ...........%,

Kelas 8 : ...........%

Kelas 9 : ...........%,

Rata-rata Kelas 7, 8, 9 =

..........%

..........%

..........%

..........%

Meningkat

Tetap

Menurun

Meningkat

Tetap

Menurun

2

Pengunjung, peminjam dan penambahan buku perpustakaan

a. Persentase pengunjung

(Rata-rata per bulan)

b. Persentase peminjam

(Rata-rata per bulan)

c. Persentase penambahan buku

(jumlah buku eksemplar tambahan dibagi jumlah eksemplar buku yang ada selama satu tahun)

..........%

..........%

..........%

..........%

..........%

..........%

Meningkat

Tetap

Menurun

Meningkat

Tetap

Menurun

Meningkat

Tetap

Menurun

3

Pemberdayaan alat-alat pelajaran

a. Frekwensi penggunaan rata-rata kelas per bulan

..........%

..........%

Meningkat

Tetap

Menurun

4

Rekapitulasi hasil supervisi PBM

a. Frekwensi supervisi

Banyak guru seluruhnya : ......... orang

Guru yang di supevisi di,

Semester ganjil : ....... orang : ........ %

Semester genap: ....... orang : ........ %

Rata-rata guru yang disupervisi :

b. Nilai / hasil supervisi

Banyak guru yang disupervisi: ... orang

Jumlah guru yang nilai supervisinya 75-100 ada : ....... orang

Persentasenya sebesar:

c. Pembinaan melalui supervisi

Jumlah supervisi PBM dalam setahun : ...... kali

Saran-saran yang diberikan kepada guru : ....... kali

Persentasenya sebesar:

..........%

..........%

..........%

..........%

..........%

..........%

Meningkat

Tetap

Menurun

Meningkat

Tetap

Menurun

Meningkat

Tetap

Menurun

5

Persentase kehadiran rata-rata

Guru : ............ %

Pegawai : ............ %

Siswa : ............ %

Rata-rata guru, pegawai, siswa :

..........%

..........%

Meningkat

Tetap

Menurun

6

Data prestasi siswa

  1. Nilai rata-rata rapor

Kelas 7 Smt ganjil : .........

Smt genap : .........

Rata-rata Kelas 7 :

Kelas 8, Smt ganjil : .........

Smt genap : .........

Rata-rata Kelas 8 :

Kelas 9, Smt ganjil : .........

Smt genap : .........

Rata-rata Kelas 9 :

  1. Persentase siswa yang mendapat nilai rata-rata rapor ≥ 7

Kelas 7, Smt ganjil : ......... %

Smt genap : ......... %

Rata-rata Kelas 7 :

Kelas 8, Smt ganjil : ......... %

Smt genap : ......... %

Rata-rata Kelas 8 :

Kelas 9, Smt ganjil : ......... %

Smt genap : ......... %

Rata-rata Kelas 9 :

  1. Rata-rata jumlah nilai lulusan (kelas 9)
  2. Peringkat nilai ujian tingkat distrik (dari sekolah negeri dan swasta)

Banyaknya SMP negeri dan swasta di Distrik SMP berada: ....... sekolah

  1. Peringkat nilai ujian tingkat Kab/kota (dari sekolah negeri dan swasta)

Banyaknya SMP negeri dan swasta di kota/kab SMP berada: ....... sekolah

  1. Peringkat nilai ujian tingkat provinsi (dari sekolah negeri dan swasta)

Banyaknya SMP negeri dan swasta di Provinsi SMP berada: ....... sekolah

  1. Kejuaraan lomba

Hasil seleksi tahap terakhir sebagai juara ke :

Jenis lomba : ...................

sebagai juara ke : ..................

Untuk tingkat : ..................

Jenis lomba : ...................

sebagai juara ke : ..................

Untuk tingkat : ..................

Jenis lomba : ...................

sebagai juara ke : ..................

Untuk tingkat : ..................

  1. Kejuaraan kompetensi mata pelajaran

Hasil seleksi tahap terakhir

Mata pelajaran : .....................

sebagai juara ke : .....................

Untuk tingkat : ....................

Mata pelajaran : .....................

sebagai juara ke : .....................

Untuk tingkat : ....................

  1. Kejuaran lomba kegiatan ekstrakurikuler

Hasil seleksi tahap terakhir

Jenis Lomba : ......................

sebagai juara ke : ......................

Untuk tingkat : ......................

Jenis Lomba : ......................

sebagai juara ke : ......................

Untuk tingkat : ......................

..........

..........

..........

..........%

..........%

..........%

...........

...........

............

............

............

............

............

............

............

............

............

..........

..........

..........

..........%

..........%

..........%

...........

............

............

............

............

............

............

............

............

...........

...........

Meningkat

Tetap

Menurun

Meningkat

Tetap

Menurun Meningkat

Tetap

Menurun

Meningkat

Tetap

Menurun

Meningkat

Tetap

Menurun Meningkat

Tetap

Menurun

Meningkat

Tetap

Menurun

Meningkat

Tetap

Menurun

Meningkat

Tetap

Menurun

Meningkat

Tetap

Menurun

Meningkat

Tetap

Menurun

Meningkat

Tetap

Menurun

Meningkat

Tetap

Menurun

Meningkat

Tetap

Menurun

Meningkat

Tetap

Menurun

Meningkat

Tetap

Menurun

Meningkat

Tetap

Menurun


Kesimpulan :.....................................................................................................................

:.....................................................................................................................

:.....................................................................................................................

Saran :.....................................................................................................................

:.....................................................................................................................

:.....................................................................................................................

1 komentar:

Ita Quattrone mengatakan...

Saya kebetulan baru mendapat informasi tentang teman sekolah saya (St. Thomas) yang menjadi guru di SMP Negeri 3 ini bernama Nenny Gandaria. Saya hanya mau bilang hello. Sudah hampir 15 tahun tidak pernah ketemu, semenjak saya pindah ke USA.
Tolong sampai kan email saya pada ibu Nenny Gandaria. yaitu itaquattrone@gmail.com
Supaya dia bisa mengirim e-mail kepada saya lagi.
Makasih atas bantuannya.

Ita (Upik)
USA